Welcome to "ZHOENIA IMMORTAL" , jangan lupa untuk bercomentar. Untuk kritik dan saran silahkan kirim ke yuniaswibowo@gmail.com

Wednesday 9 January 2013

Ga Noi - Việt Nam

Asal ga noi tidak diketahui. Sejarahnya tidak dapat ditelusuri karena kurangnya dokumentasi. Perang saudara 30 tahun berakhir pada tahun 1975 yang menewaskan jutaan orang dan menghancurkan seluruh negeri lebih berkontribusi pada kurangnya informasi. 
Sabung ayam di VietNam adalah tradisi lama datang kembali setidaknya 700 tahun. Ganoi diyakini asli VietNam karena tidak ada bukti yang kredibel bermula dari tempat lain.
Ganoi telah diekspor ke negara-negara tetangga seperti Thailand, Indonesia, dan Malaysia dalam beberapa dekade terakhir. Cockers Vietnam yang tinggal di Amerika Serikat juga membawa Ga noi ke Amerika. Unggas bantalan kemiripan fisik ga noi juga dapat ditemukan di Pulau Reunion.

Bagi orang-orang yang tertarik dalam meneliti asal ga noi, sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh tim Jepang pada asal-usul semua ayam di dunia dapat ditemukan di www.accessexcellence.org. Temuan baru oleh peneliti Jepang menunjukkan bahwa domestikasi terjadi lebih dari 8.000 tahun yang lalu di wilayah yang sekarang Thailand dan Vietnam, wilayah di mana ayam hutan merah ditemukan hari ini. Anda dapat mengklik link ini PROTOCHICKEN untuk membaca lebih lanjut tentang penelitian.
Definisi Ga noi
Menurut "Đài Nam Quoc am tu vi" sebuah buku penelitian linguistik dalam bahasa Vietnam, diterbitkan oleh seorang sarjana bernama Huynh Tinh CUA (Volume II, pada tahun 1896 - halaman 155), kata "noi" berarti:

Noi = keturunan, berkembang biak. (Menulis Vietnam menggunakan tanda diakritik)
Ga noi = Jenis khusus dari breed ayam orang untuk memerangi tujuan.
RAT noi (seluruhnya noi) = A berkembang biak murni, tidak ada perkawinan silang dengan jenis yang tidak diketahui

Vuong Hong Sen, penulis yang dihormati menceritakan kisah sabung ayam pada tahun 1915 dalam bukunya "Phong Luu cu moi", yang diterbitkan pada tahun 1961, memberikan definisi lain dari "noi" sebagai:
     Ras
     Sebuah garis leluhur
     membedakan keturunan
     Sebuah kemurnian tercatat berkembang biak seorang individu atau regangan

The Dictionnaire Annamite-FRANCE dipersiapkan dan diedit oleh Gnibrel, JFM diterbitkan pada tahun 1898 juga memberikan definisi yang sama seperti di atas.

GA Istilah noi mengacu pada dua keturunan terpisah memerangi ayam. Mereka adalah GA Djon (singkat untuk GA noi Djon) dan ga CUA (singkat untuk GA noi CUA).
Djon = memukul, mencambuk, cambuk, meronta-ronta.
CUA = Spur


News source : ganoi.com
 

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkenan mampir di-Blog saya. comment please.

Followers